“Sholat Khusyu’ Itu Mudah”

22 05 2009

cover-sholat-khusyu

Assalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuhu.

Baru beberapa hari yang lalu saya menyelesaikan membaca e-book di atas. Dulu pernah ada buku serupa yang ditulis oleh Abu Sangkan yang pernah saya beli untuk

adikku sendiri. Jeleknya saya, walaupun buku itu pernah kupegang dan seringkali tergeletak di meja di depan mata waktu di rumah asal, tapi kesadaran untuk membacanya secara penuh tidak kunjung muncul kecuali membaca beberapa lembar terus bosen. Barangkali inilah bukti konkrit godaan syaitan yang terkutuk untuk menjauhkan manusia dengan Tuhannya.

Khusus e-book ini godaannya agak lain. Pertama, tulisannya ada di sebuah file di komputer sehingga ada rasa malas jika harus menyengaja menghidupkan komputer hanya untuk membaca tulisan tersebut. Kedua, secara kebetulan (mohon maaf bagi pihak-pihak yang terkait) nama penulisnya adalah Mardibros. kesan pertama bagi saya, nama itu sepertinya tidak islami, sehingga menimbulkan rasa kekurang-percayaan terhadap isi buku tersebut.

Sebenarnya kalau mau teliti, di halaman pertama dari e-book tersebut tercantum nama Abu Sangkan yang mengisi Kata Pengantar, harusnya akan menyelesaikan masalah kekurang-percayaan tersebut. Selain itu, kalau mau membaca lebih jauh lagi di dalam Prakata, ternyata Mardibos tersebut adalah salah satu murid dari Ustadz Abu Sangkan yang membantu syi’ar tentang sholat khusyu’.

Nah pada saat masalah kedua selesai, timbul lagi masalah ketiga. Ketika saya sudah enjoy membaca sampai bagian pendahuluan menjelang bab 1, ada saran bahwa untuk masuk bab 1 sampai bab 3 sebaiknya dilakukan dengan satu kali kesempatan baca (kurang lebih memerlukan waktu 2 jam) supaya isi kandungan dalam buku tersebut bisa lebih terserap dan berdaya guna. Ditambah, karena latihan khusyu’ berhubungan dengan konsentrasi, maka waktu latihannya juga harus yang tenang tanpa banyak gangguan suara dan hambatan yang bisa menghentikan proses latihan. Masalahnya bagi saya adalah untuk mendapatkan kesempatan yang memenuhi dua syarat tersebut rasanya sulit. Kadangkala ada waktu 2 jam tapi suasananya ramai atau terganggu oleh anak. Sebaliknya, jika bisa mendapatkan kesempatan malam hari yang tenang, seringkali kalah oleh rasa kantuk atau waktunya tidak genap 2 jam. However, finnally I got the chance, dimulai jam 3.15 dinihari dan selesai menjelang saat shubuh.

Berbicara tentang kelebihan dari e-book ini, saya punya beberapa alasan yang mungkin bisa mewakili pandangan dari kelompok orang-orang malas dan yang banyak godaannya (seperti saya sendiri). Antara lain, buku ini masih baru. Melihat dari versi cetakannya, e-book ini dirilis pada bulan September 2008. Namanya sesuatu yang baru biasanya lebih menarik kan? Atau alasan ilmiahnya (kira-kira) buku ini tidak lebih jelek atau (mungkin) punya keistimewaan tersendiri dibanding buku-buku sebelumnya.

Berikutnya, dalam kacamata pandangan saya, buku ini tidak (terlalu) membosankan karena jumlah halamannya hanya 47 dari sampul sampai paling akhir yaitu lampiran. Terus, waktu membaca yang saya perlukan untuk membaca e-book tersebut ternyata tidak lebih dari 2 jam. Dibanding tingkat urgensinya masalah yang dipelajari, jelas waktu dua jam adalah sesuatu yang sangat kecil dibanding tujuannya yang untuk mendapatkan kebahagiaan selama sisa umur yang saya punya dan juga kebahagiaan di akhirat yang abadi.

Harapan saya yang paling tinggi dari menceritakan pengalaman saya yang tidak bermutu ini adalah jika para pembaca merasa mempunyai karakter yang mirip dengan saya, ataupun tidak, bisa mengantisipasi sedini mungkin godaan-godaan atau hambatan yang mungkin muncul ketika ada niat baik untuk membaca e-book ini sebagai bekal landasan ibadah sholat yang semoga bisa mengantarkan para pembaca sekalian menuju kebahagiaan di dunia karena disayang Allah dan juga kebahagiaan abadi di akhirat kelak. Amien… 3X Ya Robbal ‘Alamien…

The last but not the least, anda bisa mendownload atau melihat ebook tersebut disini atu langsung dari websitenya di sini. Semoga bisa bermanfaat. Mohon maaf bila penyampaian dan gaya bahasa yang digunakan tidak memenuhi aturan. Syukron…


Aksi

Information

3 responses

20 04 2011
Laela Mahmudah

tak ambil Pak….buat belajar…Good Job…I like it …haaa

28 07 2009
AD1N

thanks for infonya mas… semoga bermanfaat…:)

23 05 2009
tutik

duh akhi wawan sekarang dah makin bagus tulisannya nih.
Teruslah bersyiar untuk agama Allah ya fren….
Aku juga termasuk orang yg males baca buku yang isinya ilmu. but ak lebih suka baca sastra gtu, aku lebih senang baca pengalaman orang yg sudah membaca suatu buku. So tetep semangat ya fren.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: