SERTIFIKASI GURU TAHUN 2011

4 04 2011

Cover Buku Modul PLPG MAPEL Bahasa Inggris utk Rayon 12 tahun 2008Sebulan yang lalu, saya mendapat surat dari Dinas Pendidikan Nasional Kota perihal Validasi Data Guru Calon Peserta Sertifikasi Th. 2011. Kurang lebih maksudnya saya bersama dengan 14 teman guru yang lain di satu sekolah yang sama akan mendapat kesempatan untuk menjadi peserta Sertifikasi di tahun ini, sekalipun masih CALON.

Ini merupakan sebuah anugerah BESAR dari ALLAH bagi saya pribadi karena mungkin guru-guru di lain sekolah, dengan pengangkatan PNS yang tahunnya sama dengan saya, atau yang sama tahun kelahirannya dengan saya, belum tentu mendapat kesempatan tersebut. Apalagi lagi-lagi saya paling muda dalam kelompok tersebut, benar-benar… ALLAHU ARROHMAN.

Di lain sisi, sebagai yang paling muda, saya merasa tidak boleh menjadi yang paling “tidak-tahu” tentang hal itu. Seperti biasa, ada “mbah Google” yang setia dan siap membantu saya kapanpun dan dimanapun, menjadi andalan untuk mengatasi masalah tsb.

Mulai dari artikel-artikel dan dokumen-dokumen tentang sertifikasi dari tahun 2007 sampai yang terakhir tahun 2011 yang sempat saya simpan dalam komputer maupun yang saya baca lewat “mbak Maya”, lumayan cukup mengisi kekosongan benak saya karena “kehausan” dan “kelaparan” akan informasi tentang SERTIFIKASI GURU.

Bagi saya, perbedaan yang paling mencolok adalah pada proses sertifikasi di tahun-tahun lalu, kebanyakan (atau bahkan semua) peserta mendapat kesempatan untuk mengikuti pola Portofolio dulu dan jika gagal baru mengikuti PLPG. Sementara di tahun 2011 ini, walaupun kuotanya lebih banyak yakni 300.000 guru, namun yang mendapat kesempatan pola Portofolio hanya 2.940 guru (+- 1%) dan 297.060 (+- 99 %) guru yang lain akan langsung mengikuti PLPG. Berarti, guru seperti saya hampir pasti akan langsung masuk pola PLPG. Barangkali yang mendapat prioritas untuk mengikuti Pola Portofolio adalah guru-guru senior yang berprestasi, yang masa kerja-nya juga sudah lama.

Nah, dari pada membaca tulisan saya yang bahasanya kurang bagus dan kurang enak dibaca, ada yang lebih penting dan menarik untuk dibaca. Yakni,  e-book Buku 1 (dari rangkaian 4 buku; dimana 3 buku yang lain untuk tahun 2011 ini belum dipublikasikan) tentang Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru tahun 2011 dengan meng-klik kanan disini, kemudian save link as. Dijamin isi buku ini memberi gambaran lengkap tentang sertifikasi guru khususnya untuk tahun 2011 ini.

Kemudian karena sebagian besar peserta sertifikasi tahun 2011 melalui pola PLPG (seperti yang tersebut di atas; termasuk saya), maka penting juga membaca Buku 4 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan PLPG berikut ini, sekalipun sebenarnya ini adalah buku untuk tahun 2010 (untuk 2011 belum dipublikasikan). Silahkan lakukan yang sama dengan di atas pada link ini.

Last but not the least, karena saya adalah guru bidang studi Bahasa Inggris, saya juga ingin berbagi materi PLPG bidang studi Bahasa Inggris lengkap (dari Rayon 12) yang saya dapatkan dari browsing internet. Jangan kaget, di modul ini (setelah di-download) tertulis untuk SMP dan tahunnya 2008. Walaupun demikian, saya sudah membuktikan dengan melihat modul fisik yang terbaru (tahun 2010) dan membandingkan antara keduanya. Ternyata sama persis, cuma tulisan tahunnya dan peruntukan SMP/SMA/SMK yang berbeda di sampul modul tsb. Silahkan klik disini (tapi maaf, proses downloadnya lewat http://www.ziddu.com; yang agak menjengkelkan ketika proses download).

Ada juga alernatif download, (seperti yang saya pakai) berupa modul di atas tapi sudah dipecah-pecah menjadi 41 file pdf kecil. Mengapa saya split menjadi kecil-kecil? karena dengan 1 file utuh atau saya pecah menjadi 9 bab, agak susah kebuka dengan aplikasi pembaca ebook di HP. Tentu saja, syaratnya ada aplikasi PDF Reader (aplikasi java; sudah punya belum?) di HP. So, saya bisa baca materi tersebut dimanapun dan kapanpun (bahkan di toilet sekalipun; hehehe…) tanpa harus membawa buku tebal 551 halaman kemana-mana. Silahkan klik disini (maaf sekali lagi, downloadnya lewat http://www.ziddu.com, dan setelah ter-download harus diekstrak dulu dengan program WINRAR).

Semoga bermanfaat


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

