Pengalaman Diklat Prajabatan Golongan III di LPMP Jawa Tengah

18 04 2009

Sungguh terharu, manakala aku bisa memilih angkatan diklat Prajabatan dibandingkan teman-temanku yang lain yang hanya bisa menerima apa adanya. Ada yang mendapat kesempatan awal yakni angkatan 15 yang diselenggarakan mulai tanggal 24 Maret, angkatan pertengahan atau yang paling akhir angkatan 23 yang berlangsung pada akhir bulan Mei sampai pertengahan bulan Juni.

Keistimewaan itu sungguh saya rasakan sebagai bentuk “kasih sayang” Allah kepada saya.

Mengapa saya bisa memilih angkatan sementara calon peserta diklat yang lain tidak? Begini ceritanya.

Waktu teman mengambil undangan diklat prajabatan, ada 3 dari 11 guru yang tidak tercantum di dalam tabel peserta diklat yang dikelompokkan per sekolah. satu dari tiga guru tersebut ternyata “tersesat” ke kelompok SMA 10, satu lagi karena golongan dua sehingga tidak termasuk dalam daftar, dan saya sendiri belakangan setelah dicari dari berkas-berkas dan database pegawai yang ada di kantor Badan Diklat, ternyata ada kekeliruan dalam data saya. saya yang sebenarnya Golongan III (asli dari SK pertama lho) ternyata tertulis di data mereka masuk di golongan II. Pantas saja mencari berkas undangan diklat saya tidak ketemu, lha wong menurut menurut data saya masuk di golongan II.

Awal saya datang ke kantor Badan Diklat dan mengurus “hak” saya tersebut, saya dijelaskan bahwa ada kemungkinan (karena porsi peserta diklat golongan III sudah fixed dan disetujui anggarannya) saya akan diangkatkan bersama beberapa orang (yang katanya ada 5 orang) untuk mengikuti diklat yang diadakan khusus melalui anggaran perubahan pada bulan Oktober. Betapa takut dan malunya saya membayangkan jika orang-orang bertanya kapan diklat prajabatan saya, kenapa kok tertinggal sendiri; kasihan ya… dan lain-lain. Belum lagi kalau pengangkatan CPNS-nya terlambat. Waduhh pusinggg…

Untungnya kali kedua saya datang ke Badan Diklat saya mendapat “angin segar” dari Pak Eko yang akan mengusahakan saya bisa masuk diklat Prajabatan pada angkatan-angkatan yang tersebut di atas menggantikan calon perserta yang mengundurkan diri karena sakit, hamil, dan lain-lain.

Suatu malam sekitar jam 9, HP saya berbunyi yang saya kira ada sms kurang penting yang masuk. setelah saya baca, ternyata saya mendapat kesempatan untuk masuk angkatan 23. Setengah perasaan saya senang karena saya tidak akan ketinggalan teman-teman, setengah yang lain saya menyayangkan karena tugas saya sebagai wali kelas tidak akan terlaksana. bukan semata-mata karena honornya, tapi karena sampai saat ini saja murid saya masih ada yang punya nilai kosong untuk semester ganjil di raportnya. Bagaimana penyelesaiannya jika ada masalah-masalah serupa pada nilai semester genapnya bila posisi wali kelas dipegang guru lain. Bahkan yang paling mengkhawatirkan apabila ada siswa yang “hampir” tidak naik kelas, siapa yang paling tepat untuk memberi pertimbangan, jika bukan wali kelasnya yang sejak awal memegang.

Walau begitu, saya memantapkan diri untuk “qonaah” (menerima apa adanya) daripada saya tidak masuk diklat pada masa-masa yang disebutkan di atas. saya pun mulai mempersiapkan sedikit demi sedikit keperluan diklat yang rasanya masih lama. Sehari menjelang upacara pembukaan Diklat Prajabatan di LPMP pada tanggal 24 Maret, saya mendapat pemberitahuan lagi dari pak Eko bahwa ada calon peserta diklat angkatan 17 yang mengundurkan diri dan saya bisa mengambil posisi tersebut jika mau. Saya merasa bingung sekali, mengingat saya harus segera menanggapi tawaran itu padahal saya merasa belum siap dengan angkatan 17 yang pelaksanaannya dalam waktu dekat. Belum lagi saya harus meninggalkan pekerjaan sampingan memberi les (yang sedang ramai-ramainya menjelang UN). Di sisi lain saya teringat dengan alasan kurang “sreg”nya saya jika masuk angkatan 23. Akhirnya saya memutuskan (yang saat itu di perjalanan) untuk meminta pertimbangan dari setidaknya 2 orang yaitu satu teman guru dan istri saya sendiri. Ternyata  dua-duanya memberi dukungan pada saya untuk mengikuti diklat angkatan 17. Maka saya pun segera membalas untuk memberi jawaban terhadap tawaran tersebut.

Puas, senang, berbunga-bunga, itulah yang saya rasakan saat ini. seperti dalam film saja, seseorang yang awalnya nasibnya jelek terus nasibnya berubah baik di “ending”nya. awalnya tidak mendapat angkatan, terus mendapat dua pilihan yang sempat membingungkan, dan akhirnya tanpa halangan lagi saya bisa bertemu dengan teman-teman angkatan yang saya merasa nyaman dan bahagia berada di tengah-tengahnya. Ada yang suka mbanyol, ada yang tampilannya lucu, ada yang lugu, sedikit “saru”, dan perhatian, ditambah dengan instruktur dari LPMP beserta cara penyampaiannya yang kreatif membuat saya menjadi tambah betah.

Bagi yang penasaran dan ingin tahu gambaran pelaksanaan Diklat Prajabatan saya, silahkan klik link ini. Semoga bisa bermanfaat.


Aksi

Information

6 responses

23 09 2010
suhermawan

Alhamdulillah juga blog saya yg jelek ini mau dibaca orang, apalagi dikasih komen.
Tentang materi prajab yang ditanyakan, brdasarkan catatan sy antara lain:
1. Kepemerintahan Yang Baik
2. Budaya Kerja
3. Kepegawaian
4. Pelayanan Prima
5. Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Negara
6. Pola Pikir (Mindset)
7. Percepatan Pemberantasan Korupsi
8. Etika Berorganisasi
9. Komunikasi Efektif
10. Perkantoran Modern
11. Membangun Kerjasama Tim
12. Wawasan Kebangsaan Dalam Kerangka NKRI.
Semoga jwbn sgkat ini bisa bermanfaat, dan selamat menjadi abdi negara yang baik.

22 09 2010
tri wid

Alhamdulillah sudah ada sedikit gambaran untuk diklat prajab, saya cpns 2010 asal klaten, yang mungkin prajab masih satu tahun lagi..,kalo boleh tahu materi/jadwal selama diklat prajab itu apa saja?,..nuwun atas infonya

23 06 2010
Survival

cuma sayang… diklat bisa (80% TERBUKTI) menjadi ajang perselingkuhan. ga da msalah klu yang belum bkluarga, tpi yang dah pnya istri/suami/anak???? bisa berabe. alangkah baiknya pelaksanaan diklat di tinjau ulang, jangan sampai terjadi kesan diklat menjadi ajang perusak rumah tangga. klu aku punya usul:
1. penyelenggaraan diklat di daerah/kota masing sj, biar ga ada rasa “kesepian” dari peserta yg bisa memancing perselingkuhan
2. kalaupun point 1 d atas ga memungkinkan dan harus dilaksanakan di luar daerah, mohon sekiranya antara peserta cowok dan cewek tidak satu angkatan.
3. klu smua point d atas ga memungkinkan…ya gmana caranyalah kebijakan dari yang berwenang ngurusi masalah diklat ini untuk mencegah permasalahan ini.
4. Klu ga ada jalan lain dan harus spt skrg, ya….siap-siaplah diklat di cap sebagai arena perusak rumah tangga.

Aku bukan peserta diklat, tpi aku adalah “korban” dari diklat, tpi syukurlah, rumah tngga kami masih ada harapan untuk dipertahankan

27 12 2009
suhermawan

Dari pengalaman saya, pengumuman tsb datangnya dari BKD kota/kab, bahkan sampai penyelenggara-nya pun (setahu saya) dari BKD kota/kab msg2. Cuma TEMPAT penyelenggaraannya nunut di BKD jateng di Semarang atau mgkn di Jogja sana. Adanya jadwal (anehnya?) mepet dengan waktu diklat prajab. Anyway, bagi yang berhalangan bisa tukeran atau (mgkn) dinego (apalagi punya alasan penting) karena pelaksanaannya dibagi beberapa angkatan dan rentang waktu angkatan2 tsb scr berturut2 selama 2 or 3 bln. That’s all I know. Thanks…
(semua berdasar pengalaman saya pribadi)

27 12 2009
dr. diana

klo mau tau jadwal diklat prajabatan mendatang / thn 2010 gitu dmn ya? di badan dklat jateng or di pemda kab msg2 daerah ya? cz kdg ada bkd yg tdk jauh2 hari memberikan ancer2 jadwal prajab..cz sy kuatir ntr bertabrakan dg jadwal sbg dokter haji..makasih atas jawabannnya.

18 04 2009
tutik

waduh ternyata seruu juga ea perjuanganmu tuk ikut gabung di kelas prajab angkatan 17 yang memang the best hehe he.
manakala sunar and rofiq duduk siap grak! beraksi seruuuu banget. sungguh masa yang sangat menyenangkan bersama-sama kalian semua. aku sendiri aja pengin banget ngulang kembali kebersamaan dengan seluruh personel angkatan 17, dimana kita sudah seperti saudara kandung yang mana satu sakit yang lain ikut sakit, begitu sebaliknya. So semangat kupu-kupu n mars prajab harus kita lestarikan, laksanakan n amalkan. oceeeeeeeeeeeeeee.

Tinggalkan Balasan

